29 Apr 2017

LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Arab)


LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Arab)

العربية لغة القرأن         #   كما هي لغة فى الجنان
يرجى من كل أستاذ و طالب  #    كلام باللغة العربية
كلام بها لأجل المحبة        #  لرسول الله النبى الوعدة
Itulah sekilas untaian nadzoman yang kerap kali menelusup telinga santri PP. Riyadlus Sholihin. Terdengar jelas dari lantai dua dimana mereka menekuni Program Pengembangan Bahasa Arab (LPBA). Semacam kampung arab kecil yang dihuni sebagian besar santri baru dari jenjang Madrasah Tsanawiyah. Dari mereka, kami (Pebimbing/Tutor) berharap dari pundak-pundak mereka yang akan meneruskan, mengokohkan, dan memperjuangkan pembelajaran bahasa arab di tanah Riyadlus Sholihin. Tinggal menanti putaran waktu di beberapa tahun mendatang.
Sejenak mengulas keberadaan Lembaga Pengembangan Bahasa Arab di bumi Riyadlus Sholihin. Awal kali di rintis di tahun 2013. Itupun hanya 2 kamar yang menampung muqaddimin (pemula) yang berjumlah bekisar 50 santri dari dua 2 pebimbing. Suka duka dipermulaan pembelajaran ini sangat terasa. Ada gesekan kritikan terlontar dari penjuru pesantren. Semacam menelan buah yang amat pahit. Tetapi masukan semacam itu tidaklah menciutkan nyali santri yang tekadnya sudah berapi-api untuk melestarikan budaya berbahasa arab di pesantren tercinta.
Musim demi musim pun berlalu dengan sendirinya. Seiring merangkaknya waktu yang begitu dramatis, dan mulai melejitnya jumlah santri baru, maka di tahun ke-4 tepatnya di tahun 2017, bukan hanya 2 kamar penghuni LPBA, melainkan sudah 10 asrama. Memenuhi seluruh lantai 2. Adapun santri keseluruhan mencapai 300-an yang didampingi qudama' (pendahulu) dan 6 asatidz.Dan mereka di fokuskan belajar bahasa arab, melalui beberapa kitab. Diantaranya افعال , اسماء, عصرية قاموس   محاوره  dan اصغاء.
Previous Post
Next Post

0 comments:

Silahkan tuliskan komentar anda, tolong jangan spam ya :)